Senin, 23 Februari 2009

Resume Film Firewall (Tugas PTI)

Dalam film ini menceritakan seseorang yang bernama Jack Standfield yang memiliki profesi sebagai pengelola jaringan di sebuah bank yaitu di Landrock.(not in true story)

Pada suatu hari Jack diajak bekerja sama dengan salah satu yang bernama Cox yang bukan merupakan partner kerjanya. Ternyata kerjasama itu hanya untuk kepentingan kejahatan. Cox hanya ingin memanfaatkan pihak internal Bank yaitu khususnya Jack Standfield. Jack dan keluarganya diancam agar melakukan kegiatan yang diinginkan oleh Cox. Sebenarnya Jack sangat menolak permintaan Cox tetapi apa boleh buat ancaman yang Cox berikan adalah bertaruh nyawa Jack dan keluarganya. Sehingga apa boleh buat juga Jack menuruti kemauan dari Cox.

Mulailah Jack melakukan proses pembobolan Bank walaupun dilakukan dengan sangat terpaksa. Karena Jack adalah pengelola jaringan di Bank itu maka Jack tau persis dimana data-data tersebut disimpan. Dengan data-data yang ada maka Jack memanfaatkannya untuk membobol rekening 10 besar nasabah terkayanya. Waktu itu keluarga Jack masih dalam tawanan. Setelah pembobolan Bank tersebut dilakukan, Jack menjadi buronan Polisi untuk sementara. Karena perjanjiannya diingkari oleh penawan (Cox), maka Jack mencari keberadaan keluarganya yang ditawan. Dengan informasi yang diperoleh dari GPS yang dipasangkan pada anjing peliharaannya, yang pada waktu itu anjing peliharaan bersama dengan keluarganya yang ditawan. Sehingga terjadi perkelahian antara Jack dan Cox. Akhirnya Cox meninggal dan Jack kembali lagi bersama dengan keluarganya walaupun sebelumnya Jack menjalani proses peradilan.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa orang yang ingin melakukan hacking untuk kejahatan(cracking)tidak mesti dituntut untuk bisa melakukannya sendiri, tetapi juga ada juga peran orang yang jahat yang melakukan ancaman terhadap pihak internal dari lembaga yang akan di-Hack. Contohnya Gubernur Bank Indonesia diancam oleh teroris untuk memberikan seluruh kekayaan Bank untuk pembiayayaan pembuatan Bomnya(hanya contoh). Kesimpulan selanjutnya yaitu orang seperti Jack emang dicari oleh siapapun baik oleh perusahaan yaitu Bank tempat dia bekerja atau malah yang parahnya lagi yaitu penjahat.

Tidak ada komentar: