Selasa, 03 Maret 2009

Analisis SWOT untuk IT Lima Tahun yang akan Datang

Mari kita lihat dan kita telaah kehidupan dunia IT di masa yang akan datang. Pada pembahasan kali ini akan kita telaah SWOT condition seperti apa?

1. S(Strength) yaitu dalam bahasa Indonesia kekuatan. Menurut pandangan saya bahwa kekuatan power yang diberikan IT kepada kebutuhan manusia akan semakin naik. Artinya lima tahun yang akan datang manusia akan benar-benar membutuhkan IT dalam kehidupan sehari-hari. IT akan banyak membantu menyelesaikan kegiatan sehari-hari. Tetapi di sini bukan berarti IT adalah suatu kebutuhan pokok manusia.

2. W(weakness) dalam bahasa indonesia adalah kelemahan. IT nantinya memang menjadi kebutuhan yang urgent bagi masyarakat tetapi dengan IT tidak menjamin seseorang bisa menjadikan IT tersebut sebagai Lapangan Pekerjaan karena persaingannya semakin ketat dan teknologi semakin hari semakin maju. SDM pun akan sebanding dengan majunya IT.

3. O(Opportunity) dalam bahasa Indonesia adalah kesempatan. Kesempatan yang ada di masa yang akan datang adalah kesempatan untuk bertukar ilmu di dunia international sehingga menjadikan negara ini tidak tertinggal dengan negara maju di dunia. Contohnya : Dengan adanya IT yang semakin maju, kita bisa belajar dengan orang-orang di luar Indonesia, seperti : negara Eropa, Jepang yang mana teknologi IT-nya sudah lebih maju. Ada juga sisi kesempatan pada dunia pertanian, pangan (atau dengan kata lain bahan pokok) akan terbuka kesempatan dengan pesaing yang sedikit karena manusia fokus dalam persaingan IT dan lupa diri bahwa kita masih butuh makan. Jadi untuk membuka lapangan usaha seperti pertanian akan sangat bagus peluangnya.

4. T(Threatment) dalam bahasa Indonesia adalah ancaman. Ancaman kita dengan adanya IT yang semakin maju yaitu:

a. Bagaimana membawa manusia Indonesia untuk memanfaatkan IT dengan baik dan benar sesuai dengan porsinya masing-masing. Contohnya : bagaimana mendidik anak dengan baik padahal pengaruh lingkungan global sudah sangat besar.
b. Moral bangsa. Bagaimana mempertahankan moral bangsa agar tetap pada norma-norma yang berlaku?

Dari empat analisis di atas dapat saya simpulkan bahwa manusia bisa mengembangkan IT sebegitu majunya tetapi tidak mungkin lepas dari kebutuhan pokok jasmani dan rohaninya. Jadi ketika nanti IT sedang berada di Puncak kejayaannya hanya ada satu peran yang bisa meredamkan dan mengimbanginya yaitu peran Agama.

Tidak ada komentar: